Loading...

ANTUSIAS WARGA BINAAN WANITA DI LAPAS SEMARANG DALAM PELATIHAN PEMULASARAAN JENAZAH

Image

Posted By : Rahayu Saputro

Date : 02 October 2024


SEMARANG - Program Bagian Pemulasaraan Jenazah (Barzah) Dompet Dhuafa melaksanakan Pelatihan Pemulasaraan Jenazah yang diawali di Lapas Wanita Kelas II A Semarang pada Rabu (25/09/24). Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Lembaga Pelayan Masyarakat (LPM) bersama Dompet Dhuafa Jawa Tengah dan Lapas Wanita Kelas II A Semarang. Pelatihan kali ini diisi oleh Ustadz Pupu Syaripudin yang merupakan salah satu mitra amil Barzah yang memiliki kompetensi di bidang pemulasaran jenazah baik dalam teori maupun praktik.

Kegiatan dimulai pukul 10:00 hingga 12:00 WIB, diikuti oleh 21 peserta yang merupakan warga binaan dengan latar belakang beragam kasus, dengan kasus secara umum terjerat kasus narkoba dan korupsi. Pelatihan Pemulasaraan Jenazah ini menjadi refleksi para peserta dalam mengingat hari kematian dan memahami bagaimana tata cara pemulasaraan jenazah. Selain itu para peserta juga antusias menyimak materi hingga membuat sesi diskusi aktif, setidaknya ada 6 pertanyaan dibahas yang sebagian besar mengarah pada pertanyaan hukum fikih.

Ustadz Pupu membawakan materi dengan konsep serius tapi santai sukses membuang stigma seram terkait jenazah. “Kalau kita gak ngebawainnya lucu dan santai kaya gini bisa-bisa peserta pada takut dan stress duluan sebelum ikut pelatihan. Makanya saya bawain materinya santai kaya tadi, terbukti kan peserta semuanya pada ketawa”, ujar Ustadz Pupu setelah pelatihan.

Hal tersebut dikonfirmasi oleh salah satu peserta namun karena alasan privasi dan keamanan identitas peserta tidak dipublikasikan. “Kami sangat bersyukur, senang, dan mengucapkan ribuan terima kasih kepada Dompet Dhuafa yang sudah mau memberikan kami ilmu. Terutama Ustadz Pupu yang menyampaikan materi dengan jelas namun santai membuat kami mengerti dan insyaallah bisa mempraktekan ilmu yang sudah disampaikan”, ungkapnya.

Selain itu, respons dari pihak Lapas yang diwakili Ibu Neneng selaku Humas memberikan apresiasi dan berharap adanya keberlanjutan kerja sama dengan Dompet Dhuafa. “Kami mengucapkan terima kasih kepada Dompet Dhuafa yang sudah memberikan fasilitas trainer pelatihan pemulasaran jenazah. Kami berharap kerja sama ini bisa terus berlanjut dan bisa menyayasar ke program lainnya”, jelasnya. (LPM/Akur)

-
-
36

Komentar