Loading...

Harap-Harap Cemas keberlangsungan Posko Pengungsi Penyintas Kebakaran Manggarai

Image

Posted By : Rahayu Saputro

Date : 22 August 2024

JAKARTA – Seiring waktu berjalan, jumlah penyintas di posko pun berkurang pada Kamis (22/8/2024). Walau begitu, Lembaga Pelayan Masyarakat (LPM) Dompet Dhuafa tetap mengulurkan tangan bagi mereka sejak hari kedua pasca-kebakaran, seperti menyiapkan konsumsi gratis melalui program Dapur Keliling. Hal itu diharapkan dapat melengkapi kebutuhan para penyintas di posko pengungsian.

Akan tetapi, semua donasi yang diberikan belum mampu memenuhi keperluan mereka. Salah satu penyintas kebakaran, Yuliani (38) mengaku membutuhkan aneka makanan yang lebih variatif. Untungnya, dengan hadirnya para donatur seperti Dompet Dhuafa dapat menambah variasi makanan di posko.

Selain itu, selama di tenda posko Yuliani merasa iba terhadap anak-anaknya dan pengungsi lainnya yang tidak merasa nyaman saat tidur dikarenakan tidak mendapat kasur dan bantal.  “Sebenernya kami dikasih bantal, tapi bantal tersebut tidak terbagi rata sebab kami lebih mendahulukan pengungsi yang lanjut usia,” jelas Yuliani.

Selain dirinya, Isma (41) yang juga pengungsi di posko utama, mengatakan sangat membutuhkan sembako. Sembako tersebut, ungkapnya, digunakan setelah pindah dari posko menuju tempatnya yang baru. Namun tidak dipungkiri, dirinya pun membutuhkan sembako untuk di pengungsian.

“Aku lebih mementingkan butuh tempat tinggal dan sembako karena kita di rumah udah banyak yang kebakar, lalu warung-warung juga. Jadi, segalanya sudah kekurangan,” tutur Isma.

Kondisi bangunan pasca-kebakaran di Manggarai

Dompet Dhuafa melalui Lembaga Pelayan Masyarakat (LPM) hadir membantu para penyintas kebakaran di Manggarai dengan menghadirkan Posh hangat dari Dapur Keliling (Darling). Bencana yang terjadi pada C pukul 02:33 WIB memaksa 3.332 meninggalkan rumahnya sehingga mereka tersebar di beberapa camp pengungsian, di antaranya Pasar Raya, SDN 5 Manggarai, Masjid Asholihin, dan di belakang Rumah Sakit Agung yang menjadi posko utama mereka.

Mobil Food Truck Darling Melayani Masyarakat

Kamaludin selaku Kepala Lembaga Pelayan Masyarakat Dompet Dhuafa menyatakan kepedulian untuk para penyintas bencana seperti kebakaran di manggarai terus dilakukan dengan bantuan yang bisa diberikan, “LPM melalui program Darling kita selalu berusaha hadir disetiap bencana demi menghadirkan bantuan pangan baik makanan ringan maupun makanan utama.”Jelasnya

Penulis : Febria

-
-
94

Komentar