Loading...

Pos Mudik dan Pulang Kampung Gratis: Mudik Gampang dan Tenang, Bisa Silaturahmi dengan Senang

Image

Posted By : Rahayu Saputro

Date : 05 April 2024

JAKARTA — Jelang Hari Idulfitri 1445 H, Dompet Dhuafa menggulirkan layanan Pulang Kampung Gratis untuk mendukung masyarakat agar senantiasa jalin silaturahmi dengan keluarga melalui tradisi mudik Lebaran. Pada Kamis (4/4/2024), Dompet Dhuafa melepas para penerima manfaat Program Pulang Kampung Gratis di Gedung Philanthropy, Jakarta Selatan. Total penerima manfaat yang diberangkatkan untuk mudik ada sebanyak 350 orang dengan tujuan ke berbagai daerah di Pulau Jawa dan Sumatra.

 

“Hari ini Dompet Dhuafa melaksanakan program Pulang Kampung Gratis untuk masyarakat di Indonesia, terutama di Jabodetabek. Insyaallah tahun ini Dompet Dhuafa memberangkatkan 350 peserta mudik gratis,” ucap Herdiansyah selaku Wakil Ketua II Yayasan Dompet Dhuafa Republika (YDDR).

 

“Pulang Kampung Gratis tahun ini diikuti oleh sekitar 3.000 orang. Respons warga sangat baik, meskipun khawatir warga terbiasa menggunakan angkutan umum. Pada tahun-tahun mendatang, diharapkan layanan ini dapat ditingkatkan. Dari 350 peserta yang terpilih, dipertimbangkan mereka yang membutuhkan seperti anak-anak, orang tua, dan mereka yang ekonominya kurang mampu,” lanjut Herdiansyah.

 

Baca juga: Pos Layanan Mudik Dompet Dhuafa Bagikan Menu Santap Sahur di Jalur Pekalongan

 

Program Pulang Kampung Gratis Dompet Dhuafa
Antusias para peserta pada saat registrasi program mudik gratis.

 

Program Pulang Kampung Gratis Dompet Dhuafa
Perjalanan peserta mudik gratis menuju bus.

 

Herdiansyah juga memaparkan bahwa Program Pulang Kampung Gratis ini didukung oleh organ Dompet Dhuafa, termasuk Layanan Pelayanan Masyarakat (LPM) yang bertanggung jawab atas penanganan dan respons terhadap kebutuhan mendesak, serta Disaster Management Center (DMC) yang mengoordinasikan persiapan dan kesiapsiagaan secara menyeluruh dalam masyarakat.

 

Selain Pulang Kampung Gratis, Dompet Dhuafa juga menyediakan fasilitas lainnya untuk peserta yang ikut dalam program ini. Mulai dari makanan untuk berbuka puasa, goodie bag, hingga Tunjangan Hari Raya (THR).

 

Program Pulang Kampung Gratis Dompet Dhuafa
Persiapan keberangkatan para peserta Pulang Kampung Gratis.

 

Program Pulang Kampung Gratis Dompet Dhuafa
Herdiansyah memberikan sambutan dan arahan kepada peserta Pulang Kampung Gratis.

 

Selain itu, Dompet Dhuafa turut melepas perjalanan Tim Layanan Posko Mudik yang akan menggulirkan ragam layanan programnya demi mengawal kebutuhan para pemudik di titik-titik lokasi yang telah disiapkan. Layanan yang bergulir antara lain cek kesehatan, service motor, service handphone, tebar takjil, edukasi siap siaga kebencanaan, pijat, cukur rambut, area laktasi juga bermain anak.

 

Baca juga: Pos Layanan Mudik Dompet Dhuafa di Rest Area KM 166 Tol Cipali

 

Dian Mulyadi selaku General Manager Communication & Corporate Secretary Dompet Dhuafa menambahkan, “Bukan hanya Pulang Kampung Gratis, Dompet Dhuafa juga menyediakan posko mudik bagi mereka yang tidak ikut Program Pulang Kampung Gratis. Para pemudik bisa mampir, kita akan melayani dengan pelayanan terbaik. Kita menyediakan layanan pemeriksaaan kesehatan, pijat, cukur rambut, service motor, dan paket berbuka puasa. Posko mudik yang disediakan Dompet Dhuafa berjumlah tujuh posko yang tersebar dari ujung Jawa Barat sampai ujung Jawa Timur”.

 

Program Pulang Kampung Gratis Dompet Dhuafa
Dian Mulyadi memaparkan layanan Posko Mudik kepada peserta dan awak media yang hadir.

 

Program Pulang Kampung Gratis Dompet Dhuafa
Aiman Ricky mengingatkan kepada para peserta mengenai kewajiban membayar zakat.

 

Lokasi sebaran layanan Pos Mudik Dompet Dhuafa antara lain:

 

  1. Serang (SPBU Toyomerto)
  2. Bandung (Masjid Al Mahdiyyin)
  3. Cirebon (Rest Area Taman Cirebon Power)
  4. Banyumas (Masjid Besar At Taqwa Ajibarang)
  5. Banyuwangi (Masjid Abnais Sabil Banyuwangi)
  6. Jakarta (Terminal Pulo Gebang)
  7. Jakarta (Terminal Kampung Rambutan)
  8. Sementara itu Figur Publik Aiman Ricky mengapresiasi Dompet Dhuafa dan mengingatkan kepada para Peserta Pulang Kampung Gratis agar berhati hati dalam menjaga barang bawaannya, dan juga jangan sampai melupakan kewajibannya dalam membayar zakat.

 

“Saya sangat salut dengan Dompet Dhuafa yang melaksanakan program Pulang Kampung Gratis yang memudahkan para pemudik. Dan untuk para peserta Pulang Kampung Gratis jangan lupa untuk membayar zakat fitrah, para pemudik bisa membayar zakat fitrah melalui Dompet Dhuafa,” ujar Aiman Ricky.

 

Baca juga: Insiden Motor Mogok Kala Rindu Ibu, Pemudik: Lega! Ada Layanan Mudik Dompet Dhuafa di Pekalongan

 

Program Pulang Kampung Gratis Dompet Dhuafa
Tika dan kedua anaknya sebagai peserta Pulang Kampung Gratis.

 

Tika (37), salah satu peserta Program Pulang Kampung Gratis mengaku sangat senang dan mengapresiasi program yang digulirkan oleh Dompet Dhuafa.

 

“Saya tinggal di Kebayoran Lama, tetapi dengan adanya program mudik gratis dari Dompet Dhuafa, kami jadi bisa pulang ke kampung halaman di Pekalongan, Jawa Tengah. Sudah lama kami tidak mudik dan saya sangat bersyukur ini sangat memudahkan kami dan berterima kasih kepada Dompet Dhuafa,” tutur Tika. (Dompet Dhuafa)

-
-
60

Komentar